Karet Membrane Diaphragm (selenoid, PRV, Compresor, Brake)


       Fungsi utama dari membran ialah meneruskan tekanan yang terjadi pada salah satu bilik (room) ke bilik yang lain, dan selanjutnya dapat diaplikasikan sebagai valve, sensor, blower, dll. Jadi cara kerja membran sebenarnya sederhana, membran ditempatkan pada antara bilik, dan bila ada tekanan pada salah satu bilik, maka tekanan tersebut akan diteruskan pada bilik yang lainnya.



      Meski fungsi membran sederhana, tatapi pembuatan part ini tidaklah sederhana, dan bahkan merupakan rubber part yang cukup rumit untuk dibuat. supaya tidak cepat sobek, maka biasanya membran terdiri dr lapisan penguat/reinforce (berupa anyaman) dan karet sebagai seal. tetapi untuk kondisi ekstrim kadang juga ditambahkan polymer lain sebagai penguat, pada umumnya ialah PTFE. Hal pertama yang harus diperhatikan pada membran ialah elastisitasnya, selain itu membran hendaknya terbuat dari material yang tidak mudah sobek. Lalu jika membran digunakan pada lingkungan yang khusus (misalkan terendam Aftur), maka material yang digunakan juga harus tahan terhadap cairan tersebut.


Comments

Popular posts from this blog

Karet kopling FCL

Rubber Mounting (Karet Tatakan / Pangkon)

Karet Sintetis & Karet Alam